Selasa, 08 Juli 2008

POINT SEMENTARA 4 PUTARAN

NAMA BURUNG----JOKI----PEMILIK----RING----POINT

1. MALBORO----NUR----JOKO----RUDY----354
2. GARIS----GEPENG----GEPENG--------228
3. PAMUNGKAS----MUKSIN----EDY----EDY----226
4. LIBERTY----NUR----JOKO----PELANGI----200
5. AL CAPONE----KOKO----YUDI CPM----METRO----160
6. YAKUZA----EEN----YANG IE----V ROSSI----160
7. JEGGER----MUKSIN----EDY----JANOKO----128
8. SEMBRANI----HASAN----KAHAR----AKUI----106
9. DEWA ASMARA--------H. SAM--------104
10. COKOLETTE----EEN----YANG IE----V ROSSI----100
11. CLURIT PERAK----BAHRUL----H. SYAM----BAHRUL----80
12. DEWA TIPAR----CEPI----SAPTO--------80
13. NINJA----OPICK----YANG IE----V ROSSI----80
14. TOMBAK----GEPENG----DONI----RAPI----80
15. DEWA RAMA----HENDRO----TRISNA W.----SAMPURNA----48
16. INOVA----KOJEK----KOJEK----BUANA----46
17. AMPHIBI----TOMY----IWAN----MAKITA----40
18. BINTANG----HANDOYO----HANDOYO--------40
19. BTG HMR----CEPI----HMR TEAM--------40
20. GLADIATOR----BUMAR----H. SAM----HOKI----40
21. GOLDEN----KOJEK----RISKY----ANGEL----40
22. HEXLENDER----HAFI----IVAN----CINDERELA----40
23. HUNTER--------SAPTO--------40
24. KENSAMROK----MUKSIN----EDY----FAIR----40
25. LEPARD----JOHAN----JOHAN----BATAVIA----40
26. LIMOSIN--------KARIM--------40
27. LOKOMOTIF----ARY----ARY----BMK----40
28. MATADOR--------JAGUAR--------40
29. METROPOLITAN----BAHRUL----HS TEAM----HS----40
30. RATU----HAFI----IVAN----P. SIRIP----40
31. RIMBA----UMAN----NUYAN----NUYAN----40
32. ROSSY----EEN----YANG IE----V. ROSSY----40
33. SINGA JAYA----YUSUP----HOKI----HOKI----40
34. SINGA PUTIH----JOHAN----JOHAN----BATAVIA----40
35. PERAK MAS----CEPI----SAPTO--------14
36. MULTILATOR----MAMAT----MAMAT--------12
37. SINGO----DADAN----BATAVIA----LEONARD----10
38. BINTANG CPM----KOKO----YUDI CPM----CPM----6
39. JOKO TOLE----AGO----YEYE----DANHILL----6
40. KUCING GARONG----YONATHAN----YONATHAN----BMK----6
41. NAGABUMI--------FAREL--------6
42. PUTRI----------------4

9 komentar:

syammkhard mengatakan...

saya U S Rudiasy Syammkhard, peneliti merpati balap, dan atas bantuan bapak Herman tanubtara berhasil dierbitkan oleh pt.penebar swadaya. saya mohon alamat kontak dengan para peternak dan sesepuh PPMBSI yang bisa saya hubingi sehubungan dengan beberapa informasi hasil penelitian saya dan keinginan saya untuk menggali pengalaman dari para sesepuh. mohon sms alamat,hp atau email ke 081 321 496 905 / syammkhard@yahoo.co.id karena selama ini saya sudah ketinggalan banyak pelajaran dalam permerpatibalapan nasional.terima kasih

Ary Aditya mengatakan...

Salam mas Syammkhard...
Saya sudah baca buku hasil tulisan anda dan pak Herman. Menurut sy cukup bagus dan menarik.

Utk bertemu dgn para senior di merpati balap, silakan datang ke lapangan tempat latihan terdekat. Kebetulan sy latihan di Intercon kb jeruk. Kalau sempat berkunjung ke sana, nanti sy bantu utk menghubungi dgn para senior.

wawaguitarfender mengatakan...

salam buat pak syammkhard juga buat mas ari.kebetulan ada mas ari mungkin bisa membantu bila bertemu dg pak sammkhard untuk membuat ide gimana buat membuat suatu majalah khusus untuk merpati balap indonesia khususnya.guna meningkatkan dan mengetahui betapa banyak para peternak merpati balap yg berkualitas.yg patut kita gali untuk kemajuan bersama.salam merpati

syammkhard mengatakan...

saya berniat mendirikan BERPENTAS GEMERLAP yaitu badan evaluasi dan riset peningkatan kualitas genetik merpati balap. terdiri dari bidang evaluasi dan riset, bank gen, sarana jual beli, sertifikasi untuk kejelasan silsilah (ini berguna untuk melindungi pemilik resmi yang merpatinya hilang), sekolah merpati, program pelatihan perawat,joki dan ahli breeding merpati balap. diharapkan dengan adanya badan ini,ppmbsi lebih terbantu untuk mengembangkan hobi ini menjadi kegiatan positif yang menjadikannya lebih dikenal (seperti kuda balap di amerika dan eropa),mengurangi pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan seluruh anggotanya.setiap perkembangan yang diperoleh akan dipublikasikan kedalam buletin kecil berupa "gelanggang merpati balap (GEMERLAP)" yang terbit setiap minggu. buletin ini berisi laporan hasil lomba,penelitian,iklan,pengumuman,saran/kritik dll yang diharapkan seluruh pehobi dapat berlangganan sebagai media komunikasi.mudah2an buletin ini dapat meredakan dahaga pehobi yang haus akan informasi dan perkembangan merpati balap. saya sedang membuat coret2nya nanti saya keliling untuk diskusi dg para sesepuh.mohon dukungannya.

wawaguitarfender mengatakan...

wah menarik juga idenya pak syammkhart apalagi khususnya buat mengurangi penganguran.khususnya buat kedepan dari hobi bisa menghasilkan lapangan pekerjaan tidak hanya hasil dari peternak juga hasil daripada bentuk wadah yg selalau dinanti khususnya buat budaya yg patut kita lestarikan.mudah2an dengan adanya orang spt pak syammkhart bisa dibantu oleh semua pihak ppmbsi khususnya.gimana pendapat dari pengurus juga para suhu andhokan bisa menambah apa yg perlu dimulai

syammkhard mengatakan...

tanggal 3 agustus saya berkunjung ke rumah pak Fajar di bogor. saya belajar banyak dari beliau walaupun pertemuan kami sangat singkat. beberapa idenya berhasil saya tangkap termasuk gaya terbang merpati yang sangat mempengaruhi kemenangan pada saat lomba. terima kasih kepada pak fajar atas kesempatan dan ilmu yang diberikan.juga kepada mas ari dan bung wawa yang mendukung pemikiran saya untuk pembentukan "berpentas gemerlap". mohon sms alamatnya ke no hp saya diatas biar kalo ke jakarta saya bisa mampir. oh iya, saya kehilangan komunikasi dengan Bapak Herman tanubrata sejak tahun 2005, mohon kasih tahu no hp atau alamatnya sekarang. saya menulis proposal singkat tentang pembentukan "berpentas gemerlap", saya harap kita dapat membahasnya bersama para sesepuh dan mohon disampaikan ke PPMBSI pusat.

BERPENTAS GEMERLAP
Badan Evaluasi dan Riset Peningkatan Kualitas Genetik Merpati Balap

Kualitas merpati balap Indonesia harus terus ditingkatkan karena dengan semakin maraknya perlombaan di berbagai daerah dan tingginya harga jual merpati balap, bukan tidak mungkin peluang ini akan dimanfaatkan oleh penggemar dari negara lain untuk mengambil keuntungan. Seperti yang terjadi pada beberapa jenis tumbuhan, hewan, kesenian bahkan produk makanan yang telah dipatenkan oleh negara lain sebagai kekayaan asli mereka. Penggemar merpati balap dapat menunjukkan rasa nasionalismenya dengan cara ikut berkontribusi dalam program peningkatan kualitas genetik merpati balap Indonesia. Adapun program kerja yang akan dilakukan oleh BERPENTAS GEMERLAP diantaranya :
1. Penelitian menyeluruh terhadap merpati balap
 Kebutuhan nutrisi
Penelitian mengenai kebutuhan nutrisi sangat diperlukan karena merpati balap sehebat apapun tidak akan mampu bekerja bila tidak didukung oleh asupan nutrisi. Pemberian pakan dan suplemen yang sesuai porsi dan komposisinya akan memberikan hasil yang efektif dan efisien. Kita tidak perlu memberikan pakan secara berlebihan bila hanya terbuang percuma atau malah menyebabkan burung terlalu gemuk. Dengan adanya penelitian, informasi yang kita perlukan akan dapat diperoleh dengan hasil yang paling mendekati.
 Perlindungan terhadap penyakit
Sebagian besar penyakit pada merpati mirip dengan penyakit yang menjangkiti burung atau unggas lainnya. Penelitian terhadap penyakit merpati sangat diperlukan untuk melindungi merpati dari kemungkinan tertulari penyakit yang sedang mewabah. Tidak jarang suatu peternakan merpati balap kehilangan banyak merpatinya karena mewabahnya suatu penyakit. Vaksinasi memang jalan terbaik untuk mencegah timbulnya penyakit. Namun penelitian tetap diperlukan untuk mengimbangi perkembangan virus atau bakteri penyebab penyakit yang mungkin bermutasi.
 Bangunan dan bentuk kandang/sangkar terstandar
Walaupun merpati mudah diternakkan di berbagai tempat dengan kondisi yang beragam pula, merpati bisa hidup dan bereproduksi. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan menjaga keseragaman perlakuan terhadap merpati maka penelitian terhadap ukuran dan bentuk kandang/sangkar yang memenuhi harus dilakukan.
 Penelitian tingkat seluler
Merpati memiliki kemampuan terbang dan perilaku yang berbeda dengan merpati pos atau merpati tinggian. Ini merupakan ciri khas merpati balap yang harus dijaga dan dilestarikan. Penelitian tingkat seluler memungkinkan bagi kita untuk mengetahui letak gen-gen yang berkontribusi bagi pembentukan karakter burung juara. Bila telah diketahui letak dan banyaknya, maka gen-gen tersebut dapat dijadikan penciri dalam menentukan keunggulan merpati walaupun masih piyik baru menetas. Selain itu dengan berkembangnya teknologi rekayasa genetika, kita dapat menciptakan merpati dengan gen-gen terbaik yang kita inginkan.
 Korelasi bentuk dan ukuran tubuh dengan kecepatan dan kelincahan terbang merpati balap
Selain penelitian pada tingkat seluler (genetik/turunan), kita juga membutuhkan informasi sejauh mana hubungan katuranggan atau ciri-ciri fisik dengan kemampuan terbang (kecepatan dan gaya terbang). Bila korelasi keduanya diketahui maka kita akan dengan mudah mengukur nilai indeks kemampuan terbang dan indeks keunggulan genetik berdasarkan ukuran-ukuran tubuhnya. Hingga pada suatu saat kita dapat mengadakan kontes betina unggul berdasarkan nilai indeks ini.
 Teknologi pendukung latihan, perlombaan dan pembibitan
Merpati balap unggul adalah keturunan dari merpati balap unggul pula. Namun tidak mungkin menjadi sang juara bila tidak mendapatkan pelatihan dan mengikuti lomba. Pada saat latihan dan lomba, merpati sangat mudah hilang karena dilepas begitu saja, apalagi di daerah yang baru dan asing baginya. Oleh karena itu, harus ada teknologi pendukung yang melindungi pemilik dari resiko kehilangan dan membantu merpati dalam menemukan posisi betinanya. Selain itu, untuk meningkatkan produktivitas merpati dalam menghasilkan keturunan diperlukan suatu alat praktis yang dapat mengerami dan mengasuh merpati hingga bisa makan sendiri.
2. Mendirikan Bank genetik dan pasar khusus merpati
 Menghimpun para investor modal dan bibit
Setiap perusahaan yang bergerak di bidang apapun membutuhkan mitra untuk menyimpan sebagian keuntungannya untuk investasi masa depan dan mengasuransikannya untuk menjaga kestabilan perusahaan dari kemungkinan terburuk. Alasan itulah yang menjadi dasar bagi pembentukan bank genetik ini. Adapun manfaatnya bagi para peternak merpati balap diantaranya :
a) Mengantisipasi terjadinya kemungkinan terburuk seperti wabah penyakit yang membunuh seluruh merpati balap di suatu bird farm.
b) Menghasilkan galur murni unggul sebagai modal utama untuk persilangan di masing-masing bird farm.
c) Mengembangkan modal dari setiap investor agar diperoleh keuntungan yang maksimal.

Investor terbagi menjadi dua kelompok yaitu investor dana dan investor bibit. Namun seseorang dapat menjadi investor dana sekaligus investor bibit. Dana yang diperoleh dari investor dana akan digunakan untuk menyewa tempat, membangun kandang, membeli pakan dan suplemen, membayar listrik dan air serta membayar gaji perawat. Sedangkan merpati yang diperoleh dari investor bibit akan dijadikan indukan dasar dalam menghasilkan galur murni unggul. Hasil penjualan merpati akan dibagikan kepada para investor setelah dikurangi biaya produksi. Keuntungan yang diperoleh akan dibagikan berdasarkan ketentuan sebagai berikut :
a) 70% dibagikan kepada para pemegang saham dana sesuai dengan besar kontribusinya. Misal : total dana terkumpul 40 juta, bila seseorang ikut berinvestasi sebesar 4 juta maka dia memiliki saham sebesar 10% dengan demikian akan mendapatkan bagi hasil sebesar 10% x 70% = 7% dari total keuntungan.
b) 20% akan diberikan kepada pemilik merpati yang terjual. Misal : merpati A terjual, A merupakan persilangan jantan B dengan anak betina dari jantan C dan betina D, maka bagi hasil yang akan diperoleh adalah 10% untuk pemilik jantan B dan masing-masing 5% untuk pemilik jantan C dan pemilik betina D.
c) 10% akan disimpan dalam kas BERPENTAS GEMERLAP untuk keperluan pengembangan organisasi dan pelaksanaan program.
 Membentuk galur murni merpati unggul
Merpati balap yang menjadi juara di lapangan dapat dipastikan bukan merupakan merpati galur murni. Merpati juara adalah merpati unggul hasil persilangan yang memiliki banyak keuntungan dari heterozigositas gen-gennya. Ada beberapa hal yang menyebabkan individu hasil persilangan menunjukkan sifat-sifat unggul :
- Mewarisi sifat-sifat unggul dari kedua (ras/bangsa) tetua.
- Kombinasi gen-gen aditif pada lokus yang berbeda dan adanya aksi over dominan pada gen non aditif memberikan penampilan yang lebih baik (lebih besar/lebih gesit/tahan penyakit dsb).
- Heterozigositas gen-gen non aditif menyebabkan kelengkapan keenziman menjadi lebih kompleks sehingga proses-proses metabolisme lebih cepat dan lebih efisien.
Untuk memaksimalkan tingkat heterozigositas gen maka yang harus dilakukan adalah menyilangkan dua galur murni yang paling jauh hubungan kekerabatannya tetapi masing-masing memiliki keunggulan yang dominan. Untuk itu diperlukan suatu lembaga khusus yang mengusahakan terbentuknya galur-galur murni tersebut untuk dapat dimanfaatkan secara bersama hasilnya kelak. Galur murni ideal akan memproduksi sel telur dan sel sperma dengan tingkat keseragaman yang tinggi sehingga keturunan yang dihasilkan akan memiliki penampilan yang seragam. Hal ini sangat penting bagi pembeli, karena dengan harga yang relatif sama seseorang tidak akan mau mendapatkan kualitas merpati yang lebih rendah.
Penggunaan galur murni sebagai induk diharapkan dapat menjawab keinginan para peternak untuk menghasilkan keturunan yang seragam. Sehingga bila tidak diperoleh hasil yang maksimal dari sepasang merpati, peternak dapat merombak pasangan merpati itu dengan cepat. Untuk menyamakan visi akan pentingnya pembentukan galur murni ini sebaiknya diadakan pertemuan untuk membahasnya lebih serius lagi.
 Menghasilkan merpati unggul siap latih
Pembentukan galur murni merpati balap akan memberikan keuntungan bagi para pemegang saham bibit karena memiliki akses langsung untuk memperoleh merpati unggul untuk digunakan sebagai indukan di peternakananya. Keuntungan yang akan diperoleh para pemegang saham dana berasal dari penjualan merpati hasil produksi yang sebagian besar adalah merpati persilangan siap latih bukan merpati galur murni. Merpati siap latih dijual dengan harga lebih rendah daripada harga merpati galur murni.
 Mengeluarkan sertifikat merpati unggul
BERPENTAS GEMERLAP dapat mengeluarkan sertifikat sejenis akte kelahiran untuk menjamin kejelasan asal usul seekor merpati unggul atas permintaan dari peternak. Selain itu, dapat juga memberikan penghargaan-penghargaan di luar lomba berdasarkan kategori kualitas hasil ternak, keseragaman hasil ternak, manajemen peternakan yang baik, kebersihan dan kesehatan Farm dan sebagainya. Sertifikat-sertifikat ini akan menjadi pendukung bagi suatu farm untuk direkomendasikan oleh BERPENTAS GEMERLAP sebagai farm tujuan bagi pembeli.
 Memfasilitasi proses jual beli merpati balap
Setiap peternakan bisa menitipkan produknya untuk dipasarkan. Demikian sebaliknya, pembeli dapat memesan merpati sesuai dengan keinginannya. Proses ini diharapkan berjalan lancar sehingga setiap merpati dapat dilacak asal usul dan keberadaannya dari menetas hingga mati. Hal ini tidak lain adalah untuk mengusahakan agar merpati balap unggul tetap menjadi komoditas ekslusif yang dihargai, dilindungi dan dipelihara dengan baik.
3. Mendirikan sekolah merpati, perawat, joki dan ahli pembibitan merpati balap
 Menyelenggarakan sekolah merpati di tiap kecamatan
Seseorang dapat saja memiliki keinginan untuk merawat, melatih dan melombakan merpatinya. Namun tidak semua orang memiliki tempat, waktu dan kemampuan untuk memelihara merpati dengan baik. Untuk itu, diperlukan sekolah merpati di setiap kecamatan untuk memenuhi keinginan pemilik merpati dengan keadaan seperti tersebut diatas. Pada sekolah ini, seekor merpati unggul muda yang dibeli dari peternak terkenal dirawat dan dilatih hingga siap untuk dilombakan.
 Menyelenggarakan program pelatihan perawat, joki dan ahli pembibitan
Selain sekolah untuk merpati, diperlukan pula program pelatihan bagi perawat, joki dan ahli pembibitan untuk menjamin kesetaraan kemampuan memelihara merpati di berbagai daerah di Indonesia. Seseorang yang belum mendapatkan pekerjaan dapat mengikuti program ini hingga dinyatakan lulus. BERPENTAS GEMERLAP akan memfasilitasi lulusan untuk bekerja di Bird Farm yang membutuhkannya. Dengan adanya program ini diharapkan ikut mengurangi angka pengangguran di Indonesia dan bagi Bird Farm sendiri mendapat keuntungan karena memperoleh tenaga kerja profesional yang paham dengan tugasnya.
4. Mendukung pengadaan peralatan dan perlengkapan latihan, lomba dan beternak merpati balap
 Memproduksi kandang pembibitan, pembesaran dan penjodohan terstandar, sangkat jemur dan latih/lomba
Berdasarkan hasil penelitian, BERPENTAS GEMERLAP dapat membuat berbagai jenis kandang dan sangkar terstandar di setiap kecamatan yang memiliki sumber daya alam untuk bahan-bahannya. Keahlian dalam membuat perlengkapan ini dapat pula dilatihkan kepada masyarakat yang berminat sehingga diharapkan dapat menjadi mata pencaharian sampingan. Ketersediaan perlengkapan ini secara merata di seluruh Indonesia sangat diperlukan untuk mendukung berkembangnya hobi ini.
 Mengeluarkan ketentuan penggunaan gelang identitas
Sebaiknya PPMBSI tidak memproduksi gelang standar karena akan mematikan sumber pendapatan pengrajin gelang merpati. PPMBSI cukup mengeluarkan ketentuan penggunaan gelang seperti kaki kiri memuat informasi alamat peternakan dan kaki kanan memuat informasi identitas dan leluhurnya. Bulan dan tahun kelahiran dapat dibedakan dengan menggunakan kombinasi warna gelang sehingga umur merpati dapat diketahui dengan mudah.
 Memproduksi obat-obatan, vitamin dan suplemen lainnya
BERPENTAS GEMERLAP dapat memproduksi obat-obatan, vitamin dan suplemen dengan formula tepat hasil penelitian. Obat-obatan ini diharapkan memiliki harga jual yang terjangkau oleh semua lapisan masyarakat pemelihara merpati.
 Menjamin ketersediaan pakan merpati di setiap wilayah
Kita dapat bekerja sama dengan petani lokal di setiap kecamatan untuk menanam jagung, beras merah, kacang hijau dsb agar ketersediaan pakan merpati selalu ada dengan harga yang murah dan stabil. Peternak merpati juga dapat menjual kotoran merpatinya sebagai pupuk kepada petani. Sehingga kebutuhan akan pupuk buatan yanh mahal terkurangi.
5. Membina komunikasi antar anggota PPMBSI
 Melalui internet
Seperti yang sudah ada sekarang, sebaiknya semua peternakan merpati balap memiliki blog untuk menyampaikan informasi seputar kepemilikan materi indukan, tips beternak, trik mengawinkan, teknik melatih dan sebagainya. Melalui media ini pula, dapat terjadi promosi dan transaksi jual beli merpati balap. Tentu saja media ini hanya dapat diakses di beberapa tempat saja atau pada komunitas tertentu saja.
 Melalui buletin mingguan
Untuk menyamakan visi seluruh anggota PPMBSI sebaiknya diterbitkan sebuah buletin khusus merpati balap berupa “gelanggang merpati balap (GEMERLAP)”. Buletin ini terbit setiap minggu, menyampaikan perkembangan kegiatan para penggemar merpati balap di berbagai tempat di Indonesia. Buletin ini berisi informasi seputar perlombaan, hasil-hasil penelitian, wawancara dengan para sesepuh yang telah menghasilkan merpati juara, tanya jawab seputar cara beternak dan melatih, iklan produk khusus merpati dan merpati yang akan dijual, saran dan kritik dari seluruh anggota dan lain sebagainya.

syammkhard mengatakan...

tanggal 3 agustus saya berkunjung ke rumah pak Fajar di bogor. saya belajar banyak dari beliau walaupun pertemuan kami sangat singkat. beberapa idenya berhasil saya tangkap termasuk gaya terbang merpati yang sangat mempengaruhi kemenangan pada saat lomba. terima kasih kepada pak fajar atas kesempatan dan ilmu yang diberikan.juga kepada mas ari dan bung wawa yang mendukung pemikiran saya untuk pembentukan "berpentas gemerlap". mohon sms alamatnya ke no hp saya diatas biar kalo ke jakarta saya bisa mampir. oh iya, saya kehilangan komunikasi dengan Bapak Herman tanubrata sejak tahun 2005, mohon kasih tahu no hp atau alamatnya sekarang. saya menulis proposal singkat tentang pembentukan "berpentas gemerlap", saya harap kita dapat membahasnya bersama para sesepuh dan mohon disampaikan ke PPMBSI pusat.

BERPENTAS GEMERLAP
Badan Evaluasi dan Riset Peningkatan Kualitas Genetik Merpati Balap

Kualitas merpati balap Indonesia harus terus ditingkatkan karena dengan semakin maraknya perlombaan di berbagai daerah dan tingginya harga jual merpati balap, bukan tidak mungkin peluang ini akan dimanfaatkan oleh penggemar dari negara lain untuk mengambil keuntungan. Seperti yang terjadi pada beberapa jenis tumbuhan, hewan, kesenian bahkan produk makanan yang telah dipatenkan oleh negara lain sebagai kekayaan asli mereka. Penggemar merpati balap dapat menunjukkan rasa nasionalismenya dengan cara ikut berkontribusi dalam program peningkatan kualitas genetik merpati balap Indonesia. Adapun program kerja yang akan dilakukan oleh BERPENTAS GEMERLAP diantaranya :
1. Penelitian menyeluruh terhadap merpati balap
 Kebutuhan nutrisi
Penelitian mengenai kebutuhan nutrisi sangat diperlukan karena merpati balap sehebat apapun tidak akan mampu bekerja bila tidak didukung oleh asupan nutrisi. Pemberian pakan dan suplemen yang sesuai porsi dan komposisinya akan memberikan hasil yang efektif dan efisien. Kita tidak perlu memberikan pakan secara berlebihan bila hanya terbuang percuma atau malah menyebabkan burung terlalu gemuk. Dengan adanya penelitian, informasi yang kita perlukan akan dapat diperoleh dengan hasil yang paling mendekati.
 Perlindungan terhadap penyakit
Sebagian besar penyakit pada merpati mirip dengan penyakit yang menjangkiti burung atau unggas lainnya. Penelitian terhadap penyakit merpati sangat diperlukan untuk melindungi merpati dari kemungkinan tertulari penyakit yang sedang mewabah. Tidak jarang suatu peternakan merpati balap kehilangan banyak merpatinya karena mewabahnya suatu penyakit. Vaksinasi memang jalan terbaik untuk mencegah timbulnya penyakit. Namun penelitian tetap diperlukan untuk mengimbangi perkembangan virus atau bakteri penyebab penyakit yang mungkin bermutasi.
 Bangunan dan bentuk kandang/sangkar terstandar
Walaupun merpati mudah diternakkan di berbagai tempat dengan kondisi yang beragam pula, merpati bisa hidup dan bereproduksi. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan menjaga keseragaman perlakuan terhadap merpati maka penelitian terhadap ukuran dan bentuk kandang/sangkar yang memenuhi harus dilakukan.
 Penelitian tingkat seluler
Merpati memiliki kemampuan terbang dan perilaku yang berbeda dengan merpati pos atau merpati tinggian. Ini merupakan ciri khas merpati balap yang harus dijaga dan dilestarikan. Penelitian tingkat seluler memungkinkan bagi kita untuk mengetahui letak gen-gen yang berkontribusi bagi pembentukan karakter burung juara. Bila telah diketahui letak dan banyaknya, maka gen-gen tersebut dapat dijadikan penciri dalam menentukan keunggulan merpati walaupun masih piyik baru menetas. Selain itu dengan berkembangnya teknologi rekayasa genetika, kita dapat menciptakan merpati dengan gen-gen terbaik yang kita inginkan.
 Korelasi bentuk dan ukuran tubuh dengan kecepatan dan kelincahan terbang merpati balap
Selain penelitian pada tingkat seluler (genetik/turunan), kita juga membutuhkan informasi sejauh mana hubungan katuranggan atau ciri-ciri fisik dengan kemampuan terbang (kecepatan dan gaya terbang). Bila korelasi keduanya diketahui maka kita akan dengan mudah mengukur nilai indeks kemampuan terbang dan indeks keunggulan genetik berdasarkan ukuran-ukuran tubuhnya. Hingga pada suatu saat kita dapat mengadakan kontes betina unggul berdasarkan nilai indeks ini.
 Teknologi pendukung latihan, perlombaan dan pembibitan
Merpati balap unggul adalah keturunan dari merpati balap unggul pula. Namun tidak mungkin menjadi sang juara bila tidak mendapatkan pelatihan dan mengikuti lomba. Pada saat latihan dan lomba, merpati sangat mudah hilang karena dilepas begitu saja, apalagi di daerah yang baru dan asing baginya. Oleh karena itu, harus ada teknologi pendukung yang melindungi pemilik dari resiko kehilangan dan membantu merpati dalam menemukan posisi betinanya. Selain itu, untuk meningkatkan produktivitas merpati dalam menghasilkan keturunan diperlukan suatu alat praktis yang dapat mengerami dan mengasuh merpati hingga bisa makan sendiri.
2. Mendirikan Bank genetik dan pasar khusus merpati
 Menghimpun para investor modal dan bibit
Setiap perusahaan yang bergerak di bidang apapun membutuhkan mitra untuk menyimpan sebagian keuntungannya untuk investasi masa depan dan mengasuransikannya untuk menjaga kestabilan perusahaan dari kemungkinan terburuk. Alasan itulah yang menjadi dasar bagi pembentukan bank genetik ini. Adapun manfaatnya bagi para peternak merpati balap diantaranya :
a) Mengantisipasi terjadinya kemungkinan terburuk seperti wabah penyakit yang membunuh seluruh merpati balap di suatu bird farm.
b) Menghasilkan galur murni unggul sebagai modal utama untuk persilangan di masing-masing bird farm.
c) Mengembangkan modal dari setiap investor agar diperoleh keuntungan yang maksimal.

Investor terbagi menjadi dua kelompok yaitu investor dana dan investor bibit. Namun seseorang dapat menjadi investor dana sekaligus investor bibit. Dana yang diperoleh dari investor dana akan digunakan untuk menyewa tempat, membangun kandang, membeli pakan dan suplemen, membayar listrik dan air serta membayar gaji perawat. Sedangkan merpati yang diperoleh dari investor bibit akan dijadikan indukan dasar dalam menghasilkan galur murni unggul. Hasil penjualan merpati akan dibagikan kepada para investor setelah dikurangi biaya produksi. Keuntungan yang diperoleh akan dibagikan berdasarkan ketentuan sebagai berikut :
a) 70% dibagikan kepada para pemegang saham dana sesuai dengan besar kontribusinya. Misal : total dana terkumpul 40 juta, bila seseorang ikut berinvestasi sebesar 4 juta maka dia memiliki saham sebesar 10% dengan demikian akan mendapatkan bagi hasil sebesar 10% x 70% = 7% dari total keuntungan.
b) 20% akan diberikan kepada pemilik merpati yang terjual. Misal : merpati A terjual, A merupakan persilangan jantan B dengan anak betina dari jantan C dan betina D, maka bagi hasil yang akan diperoleh adalah 10% untuk pemilik jantan B dan masing-masing 5% untuk pemilik jantan C dan pemilik betina D.
c) 10% akan disimpan dalam kas BERPENTAS GEMERLAP untuk keperluan pengembangan organisasi dan pelaksanaan program.
 Membentuk galur murni merpati unggul
Merpati balap yang menjadi juara di lapangan dapat dipastikan bukan merupakan merpati galur murni. Merpati juara adalah merpati unggul hasil persilangan yang memiliki banyak keuntungan dari heterozigositas gen-gennya. Ada beberapa hal yang menyebabkan individu hasil persilangan menunjukkan sifat-sifat unggul :
- Mewarisi sifat-sifat unggul dari kedua (ras/bangsa) tetua.
- Kombinasi gen-gen aditif pada lokus yang berbeda dan adanya aksi over dominan pada gen non aditif memberikan penampilan yang lebih baik (lebih besar/lebih gesit/tahan penyakit dsb).
- Heterozigositas gen-gen non aditif menyebabkan kelengkapan keenziman menjadi lebih kompleks sehingga proses-proses metabolisme lebih cepat dan lebih efisien.
Untuk memaksimalkan tingkat heterozigositas gen maka yang harus dilakukan adalah menyilangkan dua galur murni yang paling jauh hubungan kekerabatannya tetapi masing-masing memiliki keunggulan yang dominan. Untuk itu diperlukan suatu lembaga khusus yang mengusahakan terbentuknya galur-galur murni tersebut untuk dapat dimanfaatkan secara bersama hasilnya kelak. Galur murni ideal akan memproduksi sel telur dan sel sperma dengan tingkat keseragaman yang tinggi sehingga keturunan yang dihasilkan akan memiliki penampilan yang seragam. Hal ini sangat penting bagi pembeli, karena dengan harga yang relatif sama seseorang tidak akan mau mendapatkan kualitas merpati yang lebih rendah.
Penggunaan galur murni sebagai induk diharapkan dapat menjawab keinginan para peternak untuk menghasilkan keturunan yang seragam. Sehingga bila tidak diperoleh hasil yang maksimal dari sepasang merpati, peternak dapat merombak pasangan merpati itu dengan cepat. Untuk menyamakan visi akan pentingnya pembentukan galur murni ini sebaiknya diadakan pertemuan untuk membahasnya lebih serius lagi.
 Menghasilkan merpati unggul siap latih
Pembentukan galur murni merpati balap akan memberikan keuntungan bagi para pemegang saham bibit karena memiliki akses langsung untuk memperoleh merpati unggul untuk digunakan sebagai indukan di peternakananya. Keuntungan yang akan diperoleh para pemegang saham dana berasal dari penjualan merpati hasil produksi yang sebagian besar adalah merpati persilangan siap latih bukan merpati galur murni. Merpati siap latih dijual dengan harga lebih rendah daripada harga merpati galur murni.
 Mengeluarkan sertifikat merpati unggul
BERPENTAS GEMERLAP dapat mengeluarkan sertifikat sejenis akte kelahiran untuk menjamin kejelasan asal usul seekor merpati unggul atas permintaan dari peternak. Selain itu, dapat juga memberikan penghargaan-penghargaan di luar lomba berdasarkan kategori kualitas hasil ternak, keseragaman hasil ternak, manajemen peternakan yang baik, kebersihan dan kesehatan Farm dan sebagainya. Sertifikat-sertifikat ini akan menjadi pendukung bagi suatu farm untuk direkomendasikan oleh BERPENTAS GEMERLAP sebagai farm tujuan bagi pembeli.
 Memfasilitasi proses jual beli merpati balap
Setiap peternakan bisa menitipkan produknya untuk dipasarkan. Demikian sebaliknya, pembeli dapat memesan merpati sesuai dengan keinginannya. Proses ini diharapkan berjalan lancar sehingga setiap merpati dapat dilacak asal usul dan keberadaannya dari menetas hingga mati. Hal ini tidak lain adalah untuk mengusahakan agar merpati balap unggul tetap menjadi komoditas ekslusif yang dihargai, dilindungi dan dipelihara dengan baik.
3. Mendirikan sekolah merpati, perawat, joki dan ahli pembibitan merpati balap
 Menyelenggarakan sekolah merpati di tiap kecamatan
Seseorang dapat saja memiliki keinginan untuk merawat, melatih dan melombakan merpatinya. Namun tidak semua orang memiliki tempat, waktu dan kemampuan untuk memelihara merpati dengan baik. Untuk itu, diperlukan sekolah merpati di setiap kecamatan untuk memenuhi keinginan pemilik merpati dengan keadaan seperti tersebut diatas. Pada sekolah ini, seekor merpati unggul muda yang dibeli dari peternak terkenal dirawat dan dilatih hingga siap untuk dilombakan.
 Menyelenggarakan program pelatihan perawat, joki dan ahli pembibitan
Selain sekolah untuk merpati, diperlukan pula program pelatihan bagi perawat, joki dan ahli pembibitan untuk menjamin kesetaraan kemampuan memelihara merpati di berbagai daerah di Indonesia. Seseorang yang belum mendapatkan pekerjaan dapat mengikuti program ini hingga dinyatakan lulus. BERPENTAS GEMERLAP akan memfasilitasi lulusan untuk bekerja di Bird Farm yang membutuhkannya. Dengan adanya program ini diharapkan ikut mengurangi angka pengangguran di Indonesia dan bagi Bird Farm sendiri mendapat keuntungan karena memperoleh tenaga kerja profesional yang paham dengan tugasnya.
4. Mendukung pengadaan peralatan dan perlengkapan latihan, lomba dan beternak merpati balap
 Memproduksi kandang pembibitan, pembesaran dan penjodohan terstandar, sangkat jemur dan latih/lomba
Berdasarkan hasil penelitian, BERPENTAS GEMERLAP dapat membuat berbagai jenis kandang dan sangkar terstandar di setiap kecamatan yang memiliki sumber daya alam untuk bahan-bahannya. Keahlian dalam membuat perlengkapan ini dapat pula dilatihkan kepada masyarakat yang berminat sehingga diharapkan dapat menjadi mata pencaharian sampingan. Ketersediaan perlengkapan ini secara merata di seluruh Indonesia sangat diperlukan untuk mendukung berkembangnya hobi ini.
 Mengeluarkan ketentuan penggunaan gelang identitas
Sebaiknya PPMBSI tidak memproduksi gelang standar karena akan mematikan sumber pendapatan pengrajin gelang merpati. PPMBSI cukup mengeluarkan ketentuan penggunaan gelang seperti kaki kiri memuat informasi alamat peternakan dan kaki kanan memuat informasi identitas dan leluhurnya. Bulan dan tahun kelahiran dapat dibedakan dengan menggunakan kombinasi warna gelang sehingga umur merpati dapat diketahui dengan mudah.
 Memproduksi obat-obatan, vitamin dan suplemen lainnya
BERPENTAS GEMERLAP dapat memproduksi obat-obatan, vitamin dan suplemen dengan formula tepat hasil penelitian. Obat-obatan ini diharapkan memiliki harga jual yang terjangkau oleh semua lapisan masyarakat pemelihara merpati.
 Menjamin ketersediaan pakan merpati di setiap wilayah
Kita dapat bekerja sama dengan petani lokal di setiap kecamatan untuk menanam jagung, beras merah, kacang hijau dsb agar ketersediaan pakan merpati selalu ada dengan harga yang murah dan stabil. Peternak merpati juga dapat menjual kotoran merpatinya sebagai pupuk kepada petani. Sehingga kebutuhan akan pupuk buatan yanh mahal terkurangi.
5. Membina komunikasi antar anggota PPMBSI
 Melalui internet
Seperti yang sudah ada sekarang, sebaiknya semua peternakan merpati balap memiliki blog untuk menyampaikan informasi seputar kepemilikan materi indukan, tips beternak, trik mengawinkan, teknik melatih dan sebagainya. Melalui media ini pula, dapat terjadi promosi dan transaksi jual beli merpati balap. Tentu saja media ini hanya dapat diakses di beberapa tempat saja atau pada komunitas tertentu saja.
 Melalui buletin mingguan
Untuk menyamakan visi seluruh anggota PPMBSI sebaiknya diterbitkan sebuah buletin khusus merpati balap berupa “gelanggang merpati balap (GEMERLAP)”. Buletin ini terbit setiap minggu, menyampaikan perkembangan kegiatan para penggemar merpati balap di berbagai tempat di Indonesia. Buletin ini berisi informasi seputar perlombaan, hasil-hasil penelitian, wawancara dengan para sesepuh yang telah menghasilkan merpati juara, tanya jawab seputar cara beternak dan melatih, iklan produk khusus merpati dan merpati yang akan dijual, saran dan kritik dari seluruh anggota dan lain sebagainya.

Ary Aditya mengatakan...

Mas Syamkhard, saya rasa idenya sangat bagus. Saya mendukung sekali terutama dlm hal breeding utk mencari sifat2 unggulan. Tapi sepertinya kita harus punya SDM yg ahli dibidangnya, profesional, dan terutama jujur dan berdedikasi.
Mungkin satu hari kita bisa bertemu utk ngobrol2 mengenai hal ini.

salam

OBAT KANKER mengatakan...

Dapatkan solusi pengobatan kanker secara alami
Penyembuhan Kanker Alami, Aman dan
Murah, dan Banyak Yang Sudah Sembuh juga dapat menyembuhkan diabetes mellitus
telah terbukti sangat berperan dalam proses membantu penyembuhan penyakit-penyakit kronik seperti diabetes mellitus, atherosclerosis, asma, arthritis, jantung, rematik dan segala jenis kanker seperti kanker payudara, kanker darah, kanker prostat, kanker usus, kanker kulit, dll. Sampaikan info ini kepada orang yang membutuhkan, dan anda sudah menjadi saluran berkat untuk kesembuhan orang lain, terima kasih.
Hanya di http://obatkankers.blogspot.com/
Kontes Banner Berhadiah $ 5.000
Cukup hanya dengan memasang banner gratis di blog, blogspot, wordpress, multiply, friendster. Ingin tahu lebih jauh? Lihat di sini klik HOT
• Mau cari Gosip artis Indonesia hot
Luna Maya, Ariel, Julia Perez, Sandra Dewi Dewi Persik, Sarah Azhari, Agnes Monica
• Cari lirik lagu Indonesia favorit
• Resensi Film dan Trailer terbaru
• Ribuan Game-game Seru
• Zona khusus wanita (Sexy & Sharp)
• Lagu-lagu Indonesia terbaik
• Info Sepak Bola dan bursa Mobil?
• Mau mejeng sambil cari jodoh
http://obatkankers.blogspot.com/
ingat klik bagian HOT di sebelah kanan blog good luck